Translate

Rabu, 01 April 2015

Meningkatkan Keamanan Internetan Dengan Bluehell Firewall



VIRUS
   Virus merupakan salah satu ancaman yang ditakuti oleh para pengguna komputer. Selain dapat merusak sistem komputer, virus juga dapat mengganggu kenyamanan dalam mengoperasikan komputer. Bahkan virus juga biasanya digunakan oleh para hacker untuk mencuri data yang ada pada internet kita. Karena itulah kita harus sangat berhati-hati dalam mengakses data di internet.

FIREWALL
    Firewall adalah sebuah software komputer yang berfungsi untuk melindungi komputer kita dari hacker, virus, atau worm yang berusaha masuk ke dalam komputer kita melalui internet. Antivirus saja tidak cukup untuk melindungi komputer kita, kita juga sangat memerlukan Firewall.


   Firewall akan menyaring data apa saja yang bisa masuk ke komputer kita. Dia otomatis akan mendeteksi jika ada data yang mengandung virus. Jika file yang kita akses aman maka firewall akan mengizinkan file tersebut diakses, namun jika file yang kita akses di internet mengandung virus / malware maka firewall akan otomatis memblok file tersebut.

SOLUSI
   Lalu apa yang harus kita lakukan?? Bagaimana caranya kita mengetahui data yang kita akses mengandung virus atau tidak?? Itulah kenapa kita membutuhkan software yang disebut firewall. Yang kita lakukan adalah mengaktifkannya. 
   Kali ini saya akan menjelaskan cara mengaktifkan firewall pada browser yang kita gunakan. Disini browser yang saya gunakan adalah Mozilla Firefox 37.0 dan firewall yang saya gunakan adalah Bluehell Firewall 2.5.0. Bagaimana caranya??

Langkah-langkahnya adalah:

1. Buka Browser (Mozilla, Chrome, dll)

2. Buka menu => add-ons


3. Add-ons Manager akan terbuka di Tab baru


4. Selanjutnya kita cari Bluehell Firewall dengan cara ketik "firewall" pada searchbar yang ada di sebelah kanan atas Add-ons Manager.


5. Kemudian akan muncul banyak pilihan firewall, anda bebas memilih yang mana saja. Namun disini saya akan mengistallkan Bluehell Firewall. Kemudian klik "Install" di sebelah kanan.


6. Jika sudah berhasil terinstall maka tampilannya akan seperti ini:


7. Icon Bluehell Firewall akan muncul pada Toolbar Mozilla Firefox.


8. Proses installasi selesai. Untuk mengujinya silahkan buka website yang kira-kira mengandung malware di dalamnya. Jika website yang kita buka mengandung virus / malware maka Bluehell Firewall otomasih akan mendeteksinya.


9. Kalau anda ingin tetap mengakses website tersebut silahkan pilih "Allow", tapi resikonya komputer anda bisa terinfeksi oleh virus.

20. Jika anda ingin tetep aman maka pilih "Deny", maka Bluehell Firefox akan menutup website tersebut.

Ingat!!!
Utamakan keselamatan data!!!

**Selamat Mencoba**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar